Sumber berita: KOMPAS. N0 45 THN-54 SABTU 11 AGUSTUS 2018

Sumber foto: Kompas.id

12 Negara Selesaikan Registrasi Delegasi

ASIAN GAMES 2018

JAKARTA, KOMPAS — Hingga sepekan jelang pembukaan Asian Games 2018, nama-nama atlet yang akan tampil belum juga dirilis secara resmi. Hal ini karena baru 12 dari 45 negara peserta yang menyelesaikan pertemuan registrasi delegasi atau DRM, yang digelar sejak 1 Agustus lalu.

DRM merupakan pertemuan terakhir untuk penentuan dan verifikasi atlet yang akan tampil di Asian Games. Sejauh ini yang sudah menyelesaikan DRM adalah kontingen Arab Saudi, Bahrain, China, Indonesia, Irak, Jepang, Kazakhstan, Korea Utara, Kirgistan, Nepal, Palestina, dan Uni Emirat Arab.

’’Kalau bisa selesai lebih cepat, itu lebih baik karena kami bisa segera memastikan segala keperluan kontingen itu lebih cepat. Namun, kami pastikan nama-nama atlet secara resmi akan ada setelah DRM selesai 15 Agustus ini,” tutur Ketua Inasgoc Erick Thohir, Jumat (10/8/2018).

Erick mengatakan, DRM ditargetkan selesai 10 Agustus. Namun, nyatanya, acara penentuan nama-nama kontingen itu molor hingga sekarang. Inasgoc memverifikasi ulang dan detail guna mengantisipasi atlet yang tidak memenuhi syarat yang sah untuk tampil di Asian Games.

’’Kemarin masih ditemukan satu negara memasukkan nama atletnya yang ternyata berkewarganegaraan ganda Dalam aturan OCA (Dewan Olimpiade Asia), itu tidak boleh,” katanya.

Menurut Deputi I Bidang Operasional Pertandingan Inasgoc Harry Warganegara, DRM belum selesai karena banyak Komite Olimpiade Nasional negara peserta yang terlambat datang.

Berdasarkan nama yang masuk hingga penutupan pendaftaran pada 30 Juni, ada 11.400 atlet dan 5.700 ofisial. (DRI)

menu
menu