Sumber berita: INVESTOR DAILY, RABU 6 JUNI 2018

Sumber foto: INVESTOR DAILY, RABU 6 JUNI 2018

Allianz Life Syariah Bukukan Premi Rp 273 Miliar

JAKARTA - Setelah menutup tahun 2017 dengan kinerja pertumbuhan yang positif, Unit Usaha Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia (AUianz Life Syariah), berhasil mencatatkan kinerja positif pada kuartal 1-2018 dengan perolehan pendapatan premi bruto sebesar Rp 273 miliar, meningkat 13,7% dibanding periode sama tahun 2017.

Total aset AUianz Life Syariah juga tercatat tumbuh 13,8% pada kuartal 1-2018 atau meningkat dari Rp 2,4 triliun menjadi Rp 2,7 triliun. Dana tabarru ’AUianz Life Syariah juga meningkat 15,2% menjadi Rp 570,1 mUiar dibandingkan periode sebelumnya Rp 494,7 miliar. Dana tabbarru’ adalah kumpulan dana yang berasal dari kontribusi peserta asuransi syariah dan digunakan sebagai dana tolong menolong kepada peserta lain yang terkena musibah, sesuai akad tabbarru’ yang telah disepakati.

Pertumbuhan positif dana tabbarru’ menunjukkan kepercayaan masyarakat yang terus meningkat dalam mengamanahkan pengelolaan perlindungan asuransi jiwa syari- ahnya kepada AUianz Life Syariah. Hal ini juga tercermin dari jumlah peserta AUianz Life Syariah yang meningkat mencapai 118.33,9 peserta sampai dengan kuartal 1-2018.

Di sisi lain, AUianz Life Syariah memenuhi amanah dari para peserta dengan menyalurkan dana tabarru’ untuk pembayaran klaim dan manfaat asuransi kepada sesama peserta sebesar Rp 121,9 mUiar pada kuartal 1-2018, meningkat 50,7% dibandingkan periode sama tahun lalu.

 

Chief of Government Relations, Corporate Events and CSR, and Corporate Communications Officer AUianz Indonesia Kiswati Soeryoko menjelaskan, pertumbuhan unit bisnis syariah di AUianz Life sangat positif karena didorong beberapa faktor, di antaranya karena terus meningkatnya kesadaran masyarakat akan perlindungan asuransi jiwa berbasis syariah. Hal ini karena konsep asuransi jiwa syariah yang berlandaskan prinsip tolong-menolong bersifat universal dan terbuka bagi seluruh masyarakat.

“Selain itu, edukasi dan sosiaUsasi yang terus dUakukan oleh berbagai pihak, termasuk di antaranya regulator, para pelaku industri dan organisasi masyarakat terkait juga semakin mendorong pertumbuhan asuransi syariah di Indonesia,” terang dia dalam siaran pers yang diterima Investor Daily, Selasa (5/6).

Untuk meningkatkan penetrasi asuransi jiwa syariah, Allianz Life Syariah memberikan sosialisasi dan pelatihan secara rutin bagi mitra pemasaran AUianz yang tersertifikasi syariah. Hingga Mei 2018, tercatat lebih dari 12.000 agen AUianz yang memiliki sertifikasi untuk menjual produk asuransi jiwa syariah. Tahun ini, AUianz Life Syariah terus melakukan kampanye untuk merekrut mitra pemasaran baru dengan fokus kepada para generasi muda yang ingin membangun usaha di bidang distribusi dan pelayanan jasa keuangan asuransi berbasis syariah.

“Untuk meningkatkan pengalaman bertransaksi, AUianz juga telah men
erapkan berbagai layanan berbasis digital yang kami percaya dapat menjawab kebutuhan baik mitra pemasaran maupun para peserta asuransi. Bagi para mitra pemasaran, layanan berbasis digital membuat mereka lebih efisien dan produktif dalam aktivitasnya,” jelas Kiswati.

Sedangkan bagi para peserta asuransi jiwa syariah, berbagai proses mulai dari pengajuan perlindungan asuransi, pembayaran premi, informasi terkait poUs hingga klaim reimbursement untuk asuransi kesehatan syariah telah dapat dUakukan melalui platform digital.

Sementara itu, salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan perlindungan asuransi jiwa berbasis syariah yang dilakukan oleh Allianz Life Syariah adalah dengan mengajak masyarakat luas berbagi kebaikan melalui program bernama #KadoUmrohAllianz. Program ini diselenggarakan khusus untuk mewujudkan impian sosok- sosok inspiratif sederhana di sekitar kita untuk pergi beribadah umrah ke Tanah Suci.

“Selama ini AUianz Life Syariah melalui solusi yang ditawarkan memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mewujudkan impian yang dimiliki, salah satunya untuk berangkat ibadah umrah. Melalui program #KadoUm- rohAllianz, kami ingin mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan lebih luas lagi kepada sosok yang telah menginspirasi orang lain dalam kehidupan sehari-hari,” kata Head of Market Management AUianz Indonesia Karin Zulkarnaen. (th)

menu
menu