Sumber berita: KORAN SINDO, NO 4652 THN 12, SENIN 4 JUNI 2018

Sumber foto: KORAN SINDO, NO 4652 THN 12, SENIN 4 JUNI 2018

Angkasa Purai GelarSimulasi

SEMARANG - PT Angkasa Pura I terusmelakukanpersiapanjelang pengoperasian terminal di Bandara Internasional Ahmad Yarn, Semarang, Jawa Tengah. Ke- marinmerekabahkanmeng-gelar simulasi pengoperasian bandara dengan melibatkan semua stake- hoWeryangadadibandara.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose memaparkan, simulasi pengoperasionalan bandara menggambarkan proses penumpang yang akan naik pesawat dimulai dari toll gate, masuk ke bandara menuju area, menurunkan penumpang dari kendaraan (drop off) area, hingga masuk ke dalam ter- minalbandara.

’’Setelah turun dari drop off, penumpang pasti mencari trolley (keretadorong). Selanjutnyame- reka mencari petunjuk masuk ke terminalbandara,” ujarnya.

Dalam simulasi tersebut, petugas dari maskapai penerba

ngan juga melakukan pelayanan di ruang check in. Kemudian, petugas airline melakukan proses penimbangan, labelisasi, dan integrasi sistem reservasi.

Menurut Wendo, dari hasil simulasi ini, pihaknya langsung melakukan evaluasi dengan melihat hasil laporannya. “Dari situ akan muncul apa saja problemnya, ihwal yang harus diperbaiki,” imbuhnya.

Wendo mengungkapkan, simulasi dilaksanakan selama tiga hari, Minggu-Selasa (3-5), yang meliputi sosialisasi, training, dan pendalaman. Sementara proses boyongan akan dilaksanakan pada Selasa (5/6). “X ray akan dipindahkan pada Selasa (5/6) malam seusai terminal lama beroperasi,” sebutnya.

Terkait peresmian Bandara Ahmad Yani yang baru, pihaknya saat ini sedang menunggu kepastian dari pusat.

  • ahmad antoni
menu
menu