Sumber berita: KOMPAS. N0 55 THN-54 KAMIS 23 AGUSTUS 2018

Sumber foto: youtubeBerita Terupdate

Asian Games, dari Soekarno ke Jokowi

Mewarisi elan perjuangan dan komitmen mendiang Presiden Soekarno, Presiden Joko Widodo tak hanya mendukung kemerdekaan Palestina, tetapi juga persatuan Korea dalam pesta olahraga Asian Games 2018.

Tepuk tangan dan sorak- sorai bergemuruh di Stadion Utama Gelora Bung Kamo, Senayan, Jakarta, begitu nama Palestina disebut pada pembukaan Asian Games XVIII, Minggu (18/8/2018) malam. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Kepala Sekretariat Wakil Presiden Muhammad Oemar di tribune tamu undangan pun langsung berdiri. Ikut melambaikan tangan ke kontingen Palestina yang berdefile.

Ditemui di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (21/8), Retno mengungkapkan alasannya ’’Kenapa saya berdiri? Karena ingin menunjukkan dukungan kepada Palestina. Kan, dukungan kita (Indonesia) all the way, bukan hanya dukungan politik,” tuturnya

Walaupun kondisi negaranya masih tak menentu, Palestina tetap mengirimkan kontingen ke Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Tercatat ada 88 atlet berlaga di 14 cabang olahraga, di antaranya sepak bola dan voli pantai. Ketua Olimpiade Palestina Jibril Mahmoud Muhammad Rajoub pun ikut mendampingi atletnya.

Selama di Jakarta, Rajoub bertemu tak terkecuali dengan Presiden Joko Widodo. Didampingi Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun, Rajoub, Selasa lalu, berkunjung ke Istana Merdeka. Ia diterima Presiden Jokowi bersama Menlu dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Sekitar 30 menit mereka berbincang di ruang utama istana. Pada awal sambutannya, Presiden menyampaikan terima kasihnya karena Palestina ambil bagian di Asian Games. Kepala Negara juga menyampaikan dukungan masyarakat Indonesia yang begitu besar kepada atlet Palestina

Dukungan tak hanya saat kontingen Palestina ikut defile di acara pembukaan, tetapi juga saat tim nasional sepak bola Indonesia kalah dari timnas Palestina pada babak penyisihan Grup A Asian Games di Stadion Candrabhaga, Bekasi, 15 Agustus. Rajoub pun berterima kasih karena disambut dan dilayani secara baik. Ia juga sampaikan penghargaan tinggi kepada masyarakat Indonesia yang konsisten mendukung peijuangan Palestina

Energi baru Palestina
Saat perbincangan di istana, diketahui juga para atlet Palestina di Asian Games berasal dari kelompok Fatah dan Hamas, dua kelompok kekuatan politik yang, berseteru sejak 2006. Hal itu menunjukkan olahraga mempersatukan kekuatan politik yang 11 tahun bertikai.

Melihat persatuan Fatah dan Hamas dalam kontingen Palestina, Jokowi pun optimistis Asian Games benar-benar memberikan energi baru bagi perjuangan Palestina. Hal yang tak kalah penting Asian Games semestinya juga bisa jadi energi mendorong rekonsiliasi Fatah dan Hamas, yang sebenarnya sama-sama mempeijuangkan kemerdekaan Palestina. Lebih dari itu, Asian Games juga bisa dijadikan ajang mewujudkan perdamaian dunia. ’’Saya yakin Asian Games akan memberikan energi baru peijuangan Palestina, perdamaian dunia, dan persaudaraan kita,” kata Jokowi.

Pemerintah Indonesia tentu gembira dengan bersatunya Fatah dan Hamas dalam satu kontingen olahraga Pasalnya, dukungan Indonesia terhadap Palestina sudah sejak awal kemer dekaan Indonesia 73 tahun lampau. Apalagi, Palestina termasuk negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia Bahkan, Palestina memberikan dukungan sejak awal peijuangan Indonesia raih kemerdekaan. '

Dukungan Indonesia ke Palestina kemudian ditunjukkan dengan penolakan Presiden Soekarno mengundang Israel mengikuti Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955. Soekarno malah mengundang Yasser Arafat, pejuang pembebasan Palestina yang pada 1964 mendirikan Organisasi Pembebasan Palestina. Sikap Indonesia mendukung Palestina merdeka juga ditunjukkan Soekarno saat Indonesia jadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games IV 1962.

Presiden Soekarno di antaranya menolak kontingen Israel dengan tak memberikan visa masuk para atlet Israel. Saat itu Soekarno beralasan Indonesia tak punya hubungan diplomatik dengan Israel sehingga tak bisa mengeluarkan visa masuk kontingen Israel. Keputusan itu diambil berkaitan juga dengan sikap politik Indonesia yang an- ti-imperialisme dan antd-penja- jahan. Selain Israel, Indonesia juga menolak Taiwan saat itu.

Penolakan itu membuat Komite Olimpiade Internasional (KOI) tak bersedia mendampingi Indonesia selenggarakan Asian Games IV. Bahkan, KOI melarang bendera KOI dikibarkan di Jakarta 56 tahun lalu itu. Namun, ancaman KOI tak membuat Indonesia gentar. Demi mempeijuangkan kemerdekaan bangsa-bangsa, khususnya Palestina, Indonesia memutuskan keluar dari KOI dan menggelar Games of The New Emerging Force (Ganefo) pada 1963, yang diikuti 48 negara Sikap Soekarno tentu tak lepas dari komitmen amanat UUD 1945 bahwa kemerdekaan dan perdamaian adalah hak segala bangsa, termasuk bangsa Palestina

Satukan dua Korea
Komitmen itu hingga kini terus dijaga para penerusnya tak terkecuali Presiden Jokowi. Demi mempeijuangkan kemerdekaan bangsa-bangsa dan mewujudkan perdamaian dunia, bangsa Indonesia terus mendukung Palestina mencapai perdamaian dan kemerdekaan. Tak hanya lewat diplomasi politik, tetapi juga melalui ajang olahraga seperti Asian Games yang kini berlangsung.

Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018, yang juga Wakil Presiden Jusuf Kalla, menyatakan, Presiden Jokowi juga ber- inisiatif mengundang Korea Selatan dan Korea Utara hadir pada Asian Games 2018. Wapres Kalla mengutus Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Wakil Kepala Polri (kini Menpan dan RB) Komjen Syafruddin mengundang dua pemimpin Korea.

Saat pembukaan Asian Games, Perdana Menteri Korsel Lee Nak-yeon dan Wakil PM Korut Ri Ryong Nam hadir. Namun, yang sangat membanggakan, untuk pertama kalinya di Asian Games 2018, dua Korea yang dalam posisi gencatan senjata membawa satu bendera dalam defile dan laga olahraga Setelah Palestina, Presiden Jokowi dan Wapres Kalla juga mewarisi semangat Presiden Soekarno mempersatukan bangsa-bangsa di Asia yang kini masih terpecah dan terlibat dalam konflik internal, seperti di Afghanistan.
(ANITA YOSSIHARA)

menu
menu