Sumber berita: KOMPAS, NO 328 THN 53, SENIN 4 JUNI 2018

Sumber foto: KOMPAS, NO 328 THN 53, SENIN 4 JUNI 2018

Debut Kelabu Neuer

KLAGENFURT, MINGGU - Kembalinya kiper Jerman, Manuel Neuer, setelah absen selama sembilan bulan karena patah tulang kaki tidak lantas membuat tim ”Der Panzer” tenang menghadapi Piala Dunia Rusia 2018. Mereka justru punya pekerjaan rumah besar untuk menutup celah di sektor pertahanan.

Bahkan, kelemahan itu berhasil diekspos oleh Austria, tim yang terakhir kali bisa mengalahkan Jerman pada 1986 dengan skor 4-1. Dalam laga persahabatan di Stadion Worthersee, Minggu (3/6/2018) dini hari WIB, itu, tuan rumah Austria menundukkan Jerman 2-1.

Jerman sebetulnya sudah unggul 1-0 lewat tendangan gelandang serang mereka, Mesut Oezil, pada menit ke-11. Namun, mereka membiarkan Austria bermain di area pertahanan dan membalas dengan gol yang diceploskan Martin Hinteregger dan Alessandro Schoepf pada babak kedua.

’’Neuer tetap dapat tampil bagus setelah absen lama. Dia melakukan dua aksi penyelamatan luar biasa. Namun, kekalahan ini membuat saya kesal,” kata Pelatih Jerman Joachim Loew. Di mata Loew, dua gol Austria bukan semata kesalahan Neuer, melainkan kecerobohan lini belakang.                ^ i

Absennya duo bek Jerman, Jerome Boateng dan Mats Hummels, dalam laga kontra Austria itu sangat berpengaruh. Loew sengaja meminta Hummels beristirahat, sedangkan Boateng masih berupaya pulih dari cedera otot kakinya. Sementara dua bintang lainnya, Toni Kroos dan Thomas Mueller, juga masih diistirahatkan.

Namun, absennya para bintang itu tidak menjadi alasan bagi Loew untuk menerima kekalahan itu. ’’Jika kami tetap bermain seperti ini, kami tidak punya peluang di Rusia,” kata Loew yang mengaku tidak akan bisa tidur nyenyak selama dua pekan mendatang untuk memikirkan cara memperbaiki kekurangan tim.

Loew pantas cemas karena mereka kalah dua kali berturut- turut menjelang Piala Dunia

  1. Sebelum ditaklukkan Austria, Jerman dikalahkan Brasil, 0-1, akhir Maret lalu. Tentu ini bukan bentuk permainan yang layak ditampilkan tim sekelas Jerman yang sudah empat kali menjuarai Piala Dunia.

Coret pemain

Daftar skuad Jerman yang dimiliki Loew saat ini masih berjumlah 27 pemain. Dengan demikian, pada Senin (4/6), Loew harus sudah mencoret empat pemain lagi sehingga hanya ada 23 pemain yang bisa dibawa ke Rusia Batas waktu pengajuan daftar skuad yang sama juga berlaku untuk semua tim peserta Piala Dunia.

Loew masih memiliki empat kiper sehingga salah satunya bakal dicoret. ’’Neuer akan tetap menjadi kiper nomor satu,” ujarnya seperti dikutip laman Bun- desliga.

Neuer, kiper Bayern Muen- chen ini, menjadi pilihan utama selain Marc-Andre ter Stegen (Barcelona). Dengan demikian, persaingan ketat akan teijadi antara dua kiper lainnya, Kevin Trapp (Paris Saint-Germain) dan Bernd Leno (Bayer Leverkusen).

Pemain Jerman lainnya yang berpeluang besar dicoret adalah striker Nils Petersen yang gagal bersinar dalam debutnya saat melawan Austria kemarin. ’’Saya akan tetap tenang dan bersiap terkejut apa pun hasilnya nanti,” kata Petersen yang pada musim 2017-2018 mencetak 15 gol di Bundesliga untuk Freiburg.

(AP/AFP/REUTERS/DEN)

menu
menu