Sumber berita: KOMPAS. N0 44 THN-54 JUMAT 10 AGUSTUS 2018

Sumber foto: KOMPAS/WAWAN H PRABOWO | Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) menjadi salah satu bangunan bersejarah peninggalan Presiden Republik Indonesia Soekarno pada penyelenggaraan Asian Games 1962. Stadion itu akan menjadi lokasi upacara pembukaan dan penutupan Asian Games ke-18.

Disiapkan, Kantong Parkir bagi Penonton

JAKARTA, KOMPAS – Lalu lintas kendaraan bermotor di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, saat Asian Games 2018, akan dibatasi. Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia, Inasgoc, juga menyiapkan kantong-kantong parkir di luar kompleks GBK bagi penonton dan tamu undangan yang akan menyaksikan upacara pembukaan.

Kantong parkir bagi penonton disiapkan di kawasan bisnis SCBD, Jakarta Selatan. Sementara kantong parkir bagi tamu undangan disiapkan di Gedung MPR/DPR dan Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta Pusat.

”Kami menyiapkan shuttle bus untuk membawa penonton dari tempat parkir ke pintu masuk GBK. Kami harap penonton memaklumi kondisi ini karena semua tamu undangan termasuk tamu VIP juga akan berjalan kaki dari pintu masuk ke dalam GBK,” ujar Ketua Inasgoc Erick Thohir, di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Pembatasan kendaraan dilakukan untuk memastikan keamanan selama upacara pembukaan, penutupan, dan pertandingan pada Asian Games. Inasgoc juga meminta penonton tidak membawa tas ketika menyaksikan upacara pembukaan.

Hingga kini, 70 persen tiket pembukaan Asian Games telah terjual. Adapun tiket pertandingan baru terjual 20 persen. Tiket pertandingan cabang olahraga populer, seperti sepak bola, bulu tangkis, dan renang, cenderung cepat terjual. Demikian juga pertandingan yang memainkan atlet Indonesia.

Misalnya laga pertama timnas sepak bola Indonesia melawan Taiwan, di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (12/8/2018), hingga kini sebanyak 15.000 dari 28.000 tiket telah terjual.

Antusiasme pendukung dari negara lain terhadap sejumlah cabang juga cukup tinggi. Permintaan tiket bisbol dan sofbol, misalnya, cukup tinggi untuk penonton asal Korea dan Jepang. Tiket renang juga banyak diminati penonton asal Singapura.

Demi memberi kesempatan lebih luas bagi masyarakat menyaksikan Asian Games, Inasgoc memberikan diskon 15 persen untuk pelajar. Diskon hanya berlaku di toko cenderamata Asian Games di sejumlah pusat perbelanjaan. Ada pula promo tiket terusan, potongan harga untuk penonton dari TNI/Polri dan Kementerian, serta door prize bagi penonton. Potongan tiket sebesar 10-72 persen juga diberikan bekerja sama dengan official prestige partners.

Chief Executive Officer PT Pison TicketTech Ade Sulistioputra mengatakan, tiket cabang basket, voli, bulu tangkis, dan renang banyak diminati. Senam, berkuda (equestrian), dan roller skate juga cukup diminati.

Client Service Hubungan Antarlembaga Deputi 2 Inasgoc Chahya Aziz mengatakan, tersedia tiket gratis bagi suporter yang dikirim dari daerah di seluruh Indonesia. Jumlahnya menyesuaikan sisa tiket yang terjual, serta permintaan daerah itu sendiri.

”Daerah diharapkan mengirim permintaan dan data jumlah suporter (kepada Inasgoc) paling lambat seminggu sebelum pertandingan yang akan ditonton,” ujarnya di sela-sela sosialisasi Asian Games di Kota Magelang, Rabu (8/8).(DNA/E08/EGI)

menu
menu