Sumber berita: KONTAN, NO 3349 THN 12, RABU 6 JUNI 2018

Sumber foto: KONTAN, NO 3349 THN 12, RABU 6 JUNI 2018

Efek Perang Dagang Amerika Utara

Avanty Nurdiana

OTTAWA. Ekonomi Kanada saat ini berkinerja baik. Namun Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan, Kanada akan menghadapi risiko signifikan karena ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat (AS) dan kehilangan daya saing dengan perusahaan AS.

"Kecemasan ekonomi meninggi akibat ketegangan perdagangan, ketidakpastian tentang hasil negosiasi pakta perdagangan Amerika Utara (NAFTA), dan dampak dari pemotongan pajak AS dan
undang-undang pekerjaan pada daya saing jangka menengah Kanada," tulis IMF seperti dikutip Reuters.

Pertumbuhan ekonomi Kanada diperkirakan melambat meryadi 2,1% di tahun ini setelah mencapai 3% di tahun lalu. Menurut IMF, tingkat pertumbuhan ekonomi Kanada ini masih tertinggi di antara negara G7.

Dalam jangka pendek, harga minyak yang lebih tinggi dan pertumbuhan AS yang kuat seharusnya mendorong ekspor Kanada. Namun, ada ketidakpastian yang cukup besar dari dampak reformasi pajak AS terhadap Kanada.

 

Dampaknya adalah membuat Kanada menjadi tempat kurang menarik untuk investasi dalam jangka menengah.

Renegosiasi perjanjian perdagangan bebas NAFTA dapat meredam investasi di Kanada. Jika pembicaraan NAFTA gagal dan tarif kembali ke aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), pertumbuhan ekonomi jangka panjang Kanada bisa 0,4% lebih rendah daripada yang seharusnya.

IMF menyarankan suku bu nga Kanada dinaikkan secara bertahap untuk antisipasi. Bunk of Canada telah menaik kan suku bunga tiga kali sejak Juli 2017.       ■

Balasan Meksiko Atas Tarif Impor Amerika Serikat

MEKSIKO membalas penerapan tarif impor logam yang diberlakukan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Meksiko menargetkan produk impor pertanian dari AS yang sensitif mulai dari daging babi hingga wiski.

Kementerian Ekonomi Meksiko seperti dikutip Reuters, akan memberlakukan kenaikan tarif impor produk baja AS sebesar 15%-25%. Selain itu juga akan mengenakan tarif impor 20% untuk daging babi, apel, serta kentang. Meksiko juga mengenakan tarif 20%25% produk keju dan wiski.

Sebagal substitusi. Meksiko membuka kuota helms tarif untuk Impor daging Imbl duri negara lain. Yang akun terpukul duri kebijakan tarif impor ala Meksiko ini adalah pengekspor babi dari Iowa, AS.

menu
menu