Sumber berita: KOMPAS, NO 027 THN 54, SELASA 24 JULI 2018

Sumber foto: Kompas.id

Inasgoc Dongkrak Penjualan Tiket

ASIAN GAMES

JAKARTA, KOMPAS - Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc) dalam waktu dekat akan mengumumkan nama atlet unggulan mancanegara yang tampil pada pesta olahraga an- tarnegara se-Asia itu. Hal ini untuk mendongkrak penjualan tiket Asian Games 2018.

Direktur Bidang Tiket Inasgoc Sarman Simanjorang menuturkan, sejauh ini, penjualan tiket secara keseluruhan baru 20 persen. ’’Permintaan tiket yang cukup tinggi datang dari upacara
pembukaan serta pertandingan cabang unggulan seperti bulu tangkis dan sepak bola,” ujarnya di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Sarman yakin penjualan tiket upacara pembukaan dan pertandingan makin tinggi jika Inasgoc mengumumkan nama artis yang tampil pada pembukaan serta atlet unggulan mancanegara yang tampil pada Asian Games.

’’Kami sudah meminta data nama atlet kepada Direktur Pertandingan Olahraga Inasgoc. Atlet-atlet unggulan dari negara la
in, seperti perenang Joseph Schooling (Singapura) dan pemain sepak bola Korea yang tampil di Piala Dunia, akan kami promosikan. Kehadiran mereka dapat menjadi daya tarik masyarakat untuk menyaksikan Asian Games,” ujar Sarman.

Ia menambahkan, meski permintaan tiket sepak bola cukup tinggi, Inasgoc belum bisa menjual tiket. Hal itu disebabkan Inasgoc masih menunggu jadwal pasti pertandingan sepak bola

Sebelumnya, ujar Sarman, sudah ada pembagian grup sepak bola Asian Games. Namun, tim Palestina dan Uni Emirat Arab belum termasuk dalam undian itu. Dengan demikian, perlu waktu untuk mendapatkan kepastian pembagian grup dan jadwal pertandingan yang baru.

Harga tiket
Ia menyebutkan, harga tiket termurah pertandingan sepak bola Rp 75.000. Harga meningkat hingga partai final.

Deputi II Bidang Administrasi Pertandingan Inasgoc Francis Wanandi mengatakan, penjualan tiket upacara pembukaan sudah mencapai 50 persen. Penjualan tiket pembukaan kelas C bahkan sudah mencapai 80 persen.

’’Masyarakat antusias menonton. Pada kelas B sudah cukup banyak terjual. Penjualan tiket keseluruhan sudah mencapai 50 persen,” ujar Francis.

Berdasarkan daftar harga pada situs penjualan tiket Asian Games, KiosTix, tiket upacara pembukaan terbagi menjadi tiga, yaitu kelas A Rp 5 juta, kelas B Rp 1,5 juta, dan kelas C Rp 750.000. Inasgoc memasang target penjualan tiket pembukaan, penutupan, dan pertandingan mencapai 1,5 juta tiket.

Transportasi gratis
Terkait transportasi, kemarin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan fasilitas gratis naik bus transjakarta untuk 15.000 relawan Asian Games. Fasilitas itu dapat dinikmati relawan pada periode 1 Agustus-15 September.

’’Diharapkan fasilitas ini dapat memberikan kemudahan bagi volunteer untuk menjalankan tugas mereka, memperbaiki kualitas udara, serta mengurangi kemacetan saat Asian Games bergulir,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Sandiaga mengatakan, relawan akan mendapatkan kartu identitas yang terintegrasi dengan kartu transjakarta. Apabila dikalkulasi, nilai dukungan PT Transportasi Jakarta mencapai Rp 10 miliar. (DNA)

menu
menu