Sumber berita: KOMPAS. N0 70 THN-54 JUMAT 07 SEPTEMBER 2018

Sumber foto: Kompas.com

Jokowi Sudah Putuskan Ketua TKN

PILPRES 2019

JAKARTA, KOMPAS — Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin disebutkan sudah memutuskan ketua tim kampanye nasionalnya pada Rabu (5/9/2018) malam. Nama itu direncanakan diumumkan pada Jumat (7/9) ini di Istana Bogor, Jawa Barat, oleh bakal capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf.

Figur pengusaha dan mantan Ketua Umum Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir disebut-sebut berada di daftar teratas sebagai calon kuat bersama kandidat lainnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Johnny G Plate, Kamis, mengatakan, dalam pertemuan para sekjen dari sembilan partai pendukung Jokowi-Ma’ruf dengan Jokowi, Rabu malam, Jokowi sudah memutuskan figur yang akan ditunjuk untuk menjadi ketua tim kampanye nasional (TKN). Keputusan itu pun didukung dan disepakati partai-partai politik pengusung.

"Namun, siapa figur itu, biarkan pasangan capres-cawapres yang akan umumkan. Pokoknya kejutan,” katanya. Johnny hanya menyampaikan figur yang dipilih ada di antara empat figur, yaitu pengusaha Erick Thohir, presenter Najwa Sihab, Nadiem Ma- karim, dan Wishnutama.

Keempat figur ini sebelumnya intens dikaji untuk menjadi ketua tim. Sebelum mengerucut ke empat figur, ada kandidat lain yang sudah disampaikan ke publik untuk melihat respons. Mereka di antaranya pengusaha Chairul Tanjung dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Soal figur yang diputuskan, tambah Johnny, figur itu diyakini mampu memimpin dan mengorganisasi tim kampanye untuk memenangi Pemilu 2019. Figur tersebut juga dinilai bisa menjadi jembatan generasi senior dan milenial. ”Dia juga bisa membuat pemilu yang ramah dan menggembirakan rakyat,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Sekjen Partai Persatuan Pembangunan Arsul Sani. Dari komunikasi terakhir para sekjen partai pengusung Jokowi-Ma’ruf, figur yang ditunjuk menjadi ketua tim memang akan diumumkan hari ini.

Secara terpisah, menjawab pers, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui, di bidang olahraga dan penyelenggaraan acara, Erick memang hebat. Namun, di bidang politik, ia belum tahu.

Kemarin petang, Erick terlihat berada di gedung utama Sekretariat Negara. Pejabat di Istana yang tak mau disebutkan namanya membenarkan jika Erick bertemu dengannya.

Prabowo-Sandy masih penyempurnaan
Dari kubu capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufrni Dasco Ahmad mengatakan, penyusunan tim kampanye belum rampung. ’’Sampai sekarang masih penyempurnaan, yaitu penempatan personel di posisi yang tepat,” ujarnya

Menurut dia, kubu Prabowo-Sandiaga tak mau terburu-buru menyusun tim. Apalagi masih tersedia waktu sebelum batas akhir penyerahan dokumen ke Komisi Pemilihan Umum. (APA/LAS)

menu
menu