Sumber berita: KOMPAS. N0 59 THN-54 SENIN 26 AGUSTUS 2018

Sumber foto: Nasional Kompas

Kalla Yakin Indonesia Raih Minimal 20 Emas

PALEMBANG, KOMPAS — Melihat grafik positif yang ditunjukkan para atlet Indonesia selama kurang lebih 10 hari penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang 2018, Wakil Presiden Jusuf Kalla optimistis Indonesia bisa masuk 10 besar Asia dan meraih minimal 20 medali emas. Ia yakin para atlet Indonesia masih akan menyumbangkan banyak medali emas hingga hari terakhir pertandingan 2 September.

Kalla meninjau penyelenggaraan Asian Games 2018 di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan; Minggu (26/8/2018). Kalla bersama istri, Mufidah Jusuf Kalla, didampingi Kepala Bappenas Bambang Permadi Soemantri Bro- djonegoro dan Gubernur
Sumatera Selatan Alex Noerdin. Wapres juga meninjau kondisi ruang makan (dining hall) di Wisma Atlet Jakabaring serta sempat mencoba makan di sana. Setelah itu, ia menyaksikan pertandingan boling, dayung, dan terakhir voli pantai sebelum bertolak kembali ke Jakarta

Seusai menyaksikan voli pantai, Wapres mengatakan, kontingen Indonesia bisa mencapai target masuk 10 besar Asia dan mendapatkan minimal 20 medali emas. ”Ini, kan, masih sisa lima hari pertandingan lagi. Saya yakin atlet-atlet Indonesia masih bisa meraih banyak emas pada hari tersisa itu. Apalagi cabang-cabang' andalan emas Indonesia masih bertanding, seperti bulu tangkis dan pencak silat," ujar Wapres.

Menurut Wapres, prestasi Indonesia sejauh ini sudah berjalan sesuai dengan rencana. Setidaknya, per Minggu Wf YMBLJL. pukul 23.00. Indonesia berada gr di peringkat kelima klasemen K' dengan raihan 12 medali emas, 13 perak, dan 25 perunggu. Jusuf Kalla ’’Prestasi Indonesia sampai dengan sekarang sudah bagus. Itu sudah berjalan sesuai rencana,” katanya

Masalah tiket
Secara keseluruhan, Wapres menilai penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan arena tersebar di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat sudah berjalan dengan baik. Relatif, masalah hanya muncul di penjualan tiket. Ia menilai, hal itu akibat panitia kurang antisipasi dengan antusiasme penonton yang ternyata luar biasa ’’Kalaupun ada sedikit kendala mungkin hanya ada pada penjualan tiket.

Panitia sepertinya tidak mengira bahwa antusiasme warga sangat tinggi dengan penyelenggaraan Asian Games ini. Karena itu, terjadi penumpukan warga yang membeli tiket. Tapi, masalah itu sudah teratasi defigan penjualan tiket-tiket cadangan,” tutur Wapres.

Dalam kesempatan itu, Wapres menuturkan, penyelenggaraan Asian Games 2018 harus berjalan dengan baik hingga akhir. Hal itu sangat penting untuk membangun citra Indonesia Di sisi lain, citra yang baik bisa membantu meningkatkan promosi Indonesia di mata dunia (DRI)

menu
menu