Sumber berita: KOMPAS. N0 59 THN-54 SENIN 27 AGUSTUS 2018

Sumber foto: Kompas.id

Kartu Uang Elektronik Edisi Khusus Diminati

ASIAN GAMES 2018

 

JAKARTA, KOMPAS — Asian Games 201S mendongkrak transaksi nontunai dan penjualan kartu uang elektronik. Bank-bank BUMN yang menerbitkan kartu uang elektronik tersebut kebanjiran permintaan.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menerbitkan kartu uang elektronik khusus untuk Asian Games 2018. Kartu uang elektronik itu bergambar tema tertentu, termasuk gambar maskot Asian Games 2018, yakni Bhin Bhin, Atung, dan Kaka.

Berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi menggunakan kartu uang elektronik di Indonesia sebanyak 943,319 juta transaksi dengan nilai Rp 12,375 triliun pada 2017. "Adapun jumlah kartu uang elektronik yang beredar di Indonesia per akhir 2017 sebanyak 90,003 juta kartu.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas menyebutkan, uang elektronik Asian Games 2018 yang diterbitkan Mandiri, yakni e-money, mesti dicetak ulang karena permintaannya tinggi. ’’Data pasti belum ada. Akan tetapi, permintaannya panjang sejak hari pertama Asian Games 2018,” katanya di Jakarta, Sabtu (25/8/2018).

Bank BNI, selain menawarkan kartu uang elektronik TapCash bergambar maskot Asian Games 2018, juga menawarkan kartu bergambar cabang olahraga. Namun, menurut Direktur Bisnis Ritel BNI Tambok PS Simanjuntak, kartu uang elektronik bergambar Kaka paling populer. ’’Penjualan TapCash kami sangat meningkat. Kami sampai cetak ulang ribuan kartu, apalagi yang bergambar Kaka,” kata Tambok.

Menurut dia, kartu uang elektronik itu tak hanya diminati masyarakat Indonesia, tetapi juga atlet dan penonton dari mancanegara

Sekretaris Perusahaan BRI Bambang Tribaroto menyebutkan, karakter pahlawan Indonesia pada kartu uang elektronik Brizzi yang diterbitkan BRI juga diminati masyarakat. ’’Karakter ini diminati sebagai koleksi karena edisi khusus,” ujar Bambang.

Arif, petugas pada gerai yang menjual cendera mata Asian Games 2018 di Plaza Indonesia, Jakarta, mengatakan, gantungan kunci dan boneka berbentuk maskot Asian Games 2018 adalah cendera mata yang paling laku. (E12/E17)

menu
menu