Sumber berita: KOMPAS. N0 87 THN-54 SELASA 25 SEPTEMBER 2018

Sumber foto: Tribunnews

Kunjungan Presiden Libatkan Bawaslu

PILPRES 2019

 

JAKARTA, KOMPAS — Sekretariat Presiden akan mengajak Badan Pengawas Pemilihan Umum mengikuti kunjungan keija Presiden Joko Widodo ke daerah selama masa kampanye. Hal ini sebagai bentuk transparansi sekaligus untuk memastikan profesionalitas keija unit-unit pendukung keija presiden.

’’Tujuannya agar semua paham aturan KPU. Bahkan, kami akan mengajak Bawaslu daerah untuk melihat kunjungan keija Presiden di daerah untuk melihat secara langsung,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono setelah bertemu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Presiden Joko Widodo merupakan calon presiden nomor urut 01 yang akan berkontestasi dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2019. Untuk itu, unit-unit pendukung kerja presiden, staf Sekretariat Presiden, Sekretariat Militer, Pasukan Pengamanan Presiden, serta .Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri butuh pemahaman aturan kampanye. Sekretariat Presiden pun mengundang KPU dan Bawaslu untuk memberikan penjelasan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Kepala Biro Teknis Masyarakat KPU Nur Syarifah mengatakan, fasilitas yang
melekat kepada presiden, baik saat bekerja maupun kampanye, seperti Paspampres, protokoler, dan unit kesehatan, harus tetap bisa dilakukan dengan baik. Namun, di luar itu, petahana tidak boleh menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye, salah satunya pesawat kepresidenan.

Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu Bawaslu La Bayoni menambahkan, pengawasan mengacu Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum. ’’Kita akan memantau dan mengklarifikasi manakala ada temuan-temuan,” kata La Bayoni.

Mengunjungi pedagang
Sementara di Semarang, Jawa Tengah, calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga S Uno, bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengunjungi pedagang Pasar Wonodri dan Pasar Peterongan, Kota Semarang. Sandi pun dikerubuti para pedagang yang antusias bersalaman ataupun berswafoto bersama. Zulkifli menyatakan, pihaknya bersama Sandiaga Uno ke pasar untuk memastikan perekonomian rakyat perlu ada peningkatan. (LAS/WHO)

 

menu
menu