Sumber berita: KONTAN, NO 3347 THN 12, SENIN 4 MEI 2018

Sumber foto: KONTAN, NO 3347 THN 12, SENIN 4 MEI 2018

Lelang Makan Siang dengan Warren Buffett Terjual US$ 3,3 Juta

LELANG amal makan siting dengan investor kawakan Warren Buffett masih diminati. Lelang tahun ini laku US$ 3,3 juta. Ini merupakan rekor ketiga terbesar dalam sejarah lelang amal makan siang dengan Buffett. Rekor hasil lelang tertinggi dihasilkan pada tahun 2012 dan tahun 2016 mencapai sebesar US$ 3,45 juta.

Lelang amal ini berlangsung selama seminggu di situs EBay Inc dan berakhir pada Jumat pekan lalu. Penawaran awal makan siang ini dimulai di harga tawaran US$ 25.000. Untuk tahun ketiganya, pemenang lelang diminta untuk tetap anonim.

Buffett yang kini berusia 87 tahun ini telah berpartisipasi dalam lelang tahunan ini sejak hampir dua dekade. - Hasil lelang ini akan diberikan kepada Glide, sebuah badan amal yang berbasis di San Francisco. Dana amal
tersebut untuk mendanai kegiatan organisasi dalam mendanai proyek-proyek kemanusiaan seperti pengentasan kemiskinan, kelaparan dan bantuan kepada tunawisma, seperti menawarkan makanan, akses ke perawatan kesehatan dan tempat tinggal, perawatan anak dan layanan keluarga.

"Lelang tahun ini untuk layanan kemanusiaan seperti itu kan terlihat kebutuhannya meningkat pesat. Ini hadiah yang luar biasa dari Buffett kepada Glide," ujar CEO Glide Karen Hanrahan seperti dikutip Bloomberg.

Pemenang lelang tahun ini diperbolehkan membawa tpjuh teman ke makan siang bersama Buffett di Smith & Wollensky Steakhouse di New York. Ted Weschler yang pernah mer\jadi pemenang lelang tahun 2010 dan tahun 2011, setelahnya bekerja dengan Buffett di
tahun 2011. Saat ini Weschler membantu mengawasi investasi milik Buffett yakni Berkshire Hathaway Inc di luar negeri.

Penawaran untuk lelang tahun ini dimulai pada 27 Mei dan memanas hingga pertengahan minggu dengan penawaran teratas mencapai US$ 2,9 juta pada Rabu (30/5). Kompetisi kemudian lebih tinggi hingga mencapai penawaran tertinggi sebesar US$ 3,3 juta dengan mengumpulkan total sebanyak 136 penawaran.

Buffett selama ini dikenal mampu menarik banyak orang untuk bisa mendengarkan nasihatnya tentang berinvestasi. Begitu pentingnya pidato Buffett untuk para investor, bahkan ribuan orang dalam pertemuan tahunan perusahaanya bisa hadir memenuhi ruang konvensi.

Sebagai Kepala Eksekutif
dan CEO Berkshire, Buffett berhasil membangun perusahaan itu mei\jadi perusahaan bernilai US$ 475 miliar yang menyentuh area investasi dari mulai industri kereta api hingga asuransi.

Buffett mengatakan, Glide dalam kegiatannya membantu orang-orang yang sedang berada di titik dasar dalam kehidupannya untuk bisa kembali bangkit dan berjuang. "Glide telah melakukannya selama beberapa dekade. Jika saya bisa membantu dengan mengumpulkan sejumlah uang untuk mereka, maka saya senang melakukannya" iyar Buffett.

Menurut informasi yang disediakan oleh EBay for Charity, selama bertahun- tahun lelang amal makan siang, Buffett telah mengumpulkan dana hampir US$ 26 juta, termasuk hadiah tambahan yang disumbangkan setelah lelang ditutup. ■

 

 

menu
menu