Sumber berita: Modal Politik Jokowi Kian Kuat

Sumber foto: Kompas.id

Modal Politik Jokowi Kian Kuat

 PILPRES 2019.

 

JAKARTA, KOMPAS - Modal politik Presiden Joko Widodo untuk maju kembali pada Pemilu Presiden 2019 kian kuat setelah Partai Kebangkitan Bangsa menyatakan dukungannya. Dengan dukungan PKB, berarti ada enam partai yang sudah menyatakan dukungan untuk Jokowi.

Dukungan bagi Jokowi sebelumnya sudah datang dari Partai Demokrasi Indonesia Peijuang- an (PDI-P), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasdem, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Dukungan PKB disampaikan Ketua Umum Muhaimin Iskandar, Sabtu (14/7/2018), di sela-sela kunjungan keija Presiden Jokowi di Palembang, Sumatera Selatan. Presiden dan Muhaimin sempat pula bermain boling dan mendayung perahu naga bersama atlet di Danau Jakabaring.

Sembari menyampaikan sikap politik PKB, Muhaimin berharap bisa mendampingi Presiden Jokowi sebagai calon wakil presiden. Namun, dia menyerahkan sepenuhnya keputusan itu kepada Presiden Jokowi dan koalisi partai pendukung.

Menanggapi hal itu, Presiden Jokowi mengatakan sudah mengantongi lima nama calon wapres, termasuk Muhaimin.

Menurut Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto, dengan bergabungnya PKB, kini terakumulasi 65,2 persen perolehan suara pada Pemilu 2014 bagi dukungan Jokowi. ”Ini modal politik bagi efektivitas pemerintahan ke depan,” ujarnya Kini, partai pendukung Jokowi bisa segera merancang langkah persiapan menuju Pemilu 2019.

Sementara pada Sabtu kemarin, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Pra- bowo Subianto, Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman, dan Ketua Umum Partai Amanat

Nasional Zulkifli Hasan kembali bertemu di kediaman Prabowo, Jakarta Pertemuan itu menjadi upaya komunikasi lebih intens dalam membentuk koalisi parpol untuk mengusung calon presi- den/wapres.

Menurut Sohibul, PKS terbuka pada kemungkinan partai lain, seperti Partai Demokrat bergabung. Ia pun mendorong Pra- bowo segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Su- silo Bambang Yudhoyono (SBY).

’’Kami mendorong Pak Prabo- wo segera bertemu Pak SBY, mungkin pekan depan. Masalah cawapres harus dibicarakan lagi,” kata Sohibul selepas bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada sore hari di kantor DPP PKS. Anies disebut sebagai calon presiden atau wapres yang akan diusung PKS.

Sohibul juga menghormati putusan PKB yang mendukung Jokowi. (APA/RAM/E03)

 

menu
menu