Sumber berita: KORAN SINDO, NO 4655 THN 32, KAMIS 7 JUNI 2018

Sumber foto: KORAN SINDO, NO 4655 THN 32, KAMIS 7 JUNI 2018

Pemkot Kotamobagu Launching Transaksi Keuangan Nontunai

KOTAMOBAGU - Pemkot Ko- tamobagu, Sulawesi Utara melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) bersama PT BankSulutGo melakukan penandatanganan kerja sama aplikasi Kasda Online versi 2.0, Selasa (5/6).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu Adnan Ma- sinae Muhammad Rudi Moko- ginta mengatakan, kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat juga berdampak secara signifikan terhadap perubahan di berbagai bidang, termasuk pengelolaan keuangan.

Adnan mengatakan, saat ini sistem pengelolaan keuangan telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi un
tuk ketersediaan informasi data yang dapat menghubungkan antarinstansi secara cepat, tepat, akurat, dan akuntabel. ’’Salah satu upaya dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yakni di bidang pengelolaan keuangan,” katanya.

Menurutdia,pemberlakuan sistem transaksi secara nontunai ini mengacu pada surat edaran Mendagri Nomor 910/ 1867/SJ, 17 April 2017, tentang implementasi transaksi nontunai pada pemerintah kabupa- ten/kota se-Indonesia. Berdasarkan surat tersebut, sistem pembayaran nontunai, yaitu pro- sespemindahanuangdarisatupi- hak ke pihak lain menggunakan instrumen berupa alat pemba
yaran kartu, cek, bilyet, giro, dokumen pemindahbukuan, uang elektronik, atau sejenisnya.

’’Dengan diberlakukannya transaksi nontunai, maka seluruh penerimaan maupun pengeluaran yang dilakukan oleh bendahara wajib dilakukan secara nontunai,” terangnya.Adnan menjelaskan, transaksi nontunai ini akan mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Termasuk tertib dalam administrasi pengelolaan kas serta akan semakin efektif dalam setiap pelaksanaan kegiatan transaksi pembayaran dan penerimaan.Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota

Kotamobagu Inontat Maka- lalagmenjelaskan, aplikasinon- tunai ini kaitan dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Menurut dia, pengelolaan keuangan daerah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Kepala PT Bank SulutGo Cabang Kotamobagu Buchari Mokagow mengungkapkan, pihaknya berupaya mendukung solusi pengelolaan keuangan Pemkot Kotamobagu secara nontunai salah satunya melalui aplikasi Kasda Online v. 2.0.

  • cahyasumirat

 

menu
menu