Sumber berita: KOMPAS, NO 019 THN 54, SENIN 16 JULI 2018

Sumber foto: Kompas.id

Pendaftaran Menumpuk pada Dua Hari Terakhir

Dua hari menjelang penutupan pendaftaran caleg, KPU memastikan pendaftaran calon akan menumpuk.

JAKARTA, KOMPAS - Dua hari terakhir menjelang batas waktu pendaftaran calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 pada Selasa (17/7/2018) mendatang, sebanyak 16 partai politik dipastikan segera mendaftarkan para calegnya ke Komisi Pemilihan Umum.

Pesan elektronik dari bagian Humas KPU pada Minggu (15/7/2018) disebutkan, tujuh partai politik yang diagendakan akan mengajukan bakal calegnya ke KPU pada Senin (16/7) ini. Ketujuh parpol itu adalah Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Berkarya, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Adapun sembilan parpol lainnya jika ketujuh parpol jadi datang dan tak ada perubahan akan menyusul mendaftarkan juga bakal calegnya pada Selasa esok. Kesembilan parpol itu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Pe- rindo, Partai Garuda, Partai Nas- dem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Ha- nura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

’’Kami sudah berikan waktu pendaftaran 4-17 Juli 2018. Prinsipnya, kami selalu siap partai mana saja yang mungkin besok atau lusa mendaftarkan kepada kami. Namun, tim kami sudah antisipasi dengan simulasi terkait bagaimana cara menerima pendaftaran dari parpol, serta setiap meja akan melayani satu parpol,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra, di gedung KPU, Jakarta, kemarin.

Menurut Ilham, seperti tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran bakal caleg parpol akan menumpuk saat mendekati batas akhir. ’’Kami memakluminya Mungkin administrasi internalnya belum selesai. Kami berprasangka baik,” ujarnya.

Dengan berimpitannya waktu pendaftaran, beberapa kendala dikhawatirkan terjadi. Misalnya, pengisian data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU intensitasnya akan tinggi karena diakses banyak parpol pada waktu hampir bersamaan. ’’Kami sudah menambah storage penyimpanan agar sistem lancar,” papar Ilham.

16 parpol isi data calon
Berdasarkan hasil rekapitulasi sementara daftar bakal caleg DPR yang diinput pada Silon Pemilu per 15 Juli 2018 pukul 12.17, tercatat 16 parpol sudah mengisi data calonnya. Namun, belum semua parpol mengisi calegnya di 80 dapil yang ditetapkan KPU. PKB, Gerindra, dan PDI-P, misalnya, sudah mengisi calegnya di 80 dapil. Adapun Golkar baru 63 dapil, Partai Demokrat 79 dapil, PPP 70 dapil, dan PKPI 32 dapil.

Setelah pendaftaran caleg, KPU akan memverifikasi syarat pencalonan dan syarat calon anggota legislatif pada 5-18 Juli 2018. Untuk pencalonan, KPU akan melihat dan meminta pakta integritas setiap calon. Ada atau tidak dan ditandatangani atau tidak pakta integritas caleg. Setelah itu, KPU baru melihat syarat caleg seperti ijazah dan lainnya Penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi pada 19-21 Juli 2018. Pada 1-7 Agustus 2018, KPU verifikasi perbaikan daftar calon dan syarat calon hingga penyusunan dan penetapan daftar calon sementara 8-12 Agustus 2018.

Untuk menyetarakan pengaturan proses pencalonan dengan bakal caleg DPR dan DPRD, KPU merencanakan merevisi Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Namun, revisi tak akan mengganggu larangan pencalonan bagi bekas napi kasus korupsi, kejahatan seksual terhadap anak, dan bandar narkoba. Revisi pengaturan terkait kewajiban penyerahan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (E01/GAL)

 

menu
menu