Sumber berita: REPUBLIKA, NO 141 THN 26, SENIN 4 JUNI 2018

Sumber foto: REPUBLIKA, NO 141 THN 26, SENIN 4 JUNI 2018

Pertempuran Tim-Tim Papan Atas

ILINTAR SATRIA ZULFIKAR

JAYAPURA — Pelatih PSM Makassar Robert Alberts membawa 19 pemain untuk berlaga menghadapi tuan rumah Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-12, Senin (4/6) sore WIT. PSM hanya akan minus gelandang bertahan Marck Klok di markas Persipura nanti.

Pemain asing kelahiran Belanda itu absen karena akumulasi kartu kuning. Kondisi Klok yang tak bisa dimainkan membuat Alberts resah. Hal ini karena PSM juga tidak bisa diperkuat oleh pemain andalan lainnya, Asnawi Mang- kualam. Gelandang berusia 18 tahun itu dipanggil timnas U-19 yang sedang melakukan pemusatan latihan sejak pekan lalu.

Menurut Alberts, Asnawi seharusnya bisa dikembalikan dulu ke PSM karena pertandingan melawan Persipura adalah laga besar. "Seperti Bhayangkara FC dan Persela, mereka bisa memainkan pemainnya yang juga sedang TC U-19, kami juga
harusnya bisa memanggil pulang Asnawi," kata Alberts seperti dilansir dari situs resmi PSM Makassar, Ahad (3/6).

Meski demikian, Alberts tak mau pasukannya gentar. Menurut pelatih berkebangsaan Belanda ini, laga di IStadion Mandala akan dilalui bak pertandingan di rumah sendiri. “Kami punya banyak pendukung di Jayapura jadi ini seperti laga kandang)” kata Alberts.

PSM Makassar dan Persipura saat ini sama-sama ada di posisi empat besar. PSM punya 20 angka, sedangkan Persipura tertinggal dua angka di belakang.

Melihat ketatnya posisi di klasemen, kubu Persipura antusias untuk segera menghadapi Juku Eja. Namun, Persipura juga sedang terkendala masalah mirip dengan PSM. Pelatih Persipura Peter Butler mengungkapkan, kondisi timnya kelelahan karena harus melakoni laga berat beruntun melawan Persija Jakarta (25/5) dan Persebaya Surabaya (29/5).

"Beberapa pemain juga dipanggil timnas U-19, tetapi kami yakin bisa berikan yang terbaik,” kata Butler melalui laman resmi Persipura.

 

Pada hari yang sama, laga besar lainnya akan berlangsung antara tuan rumah PS Tira dan peringkat pertama klasemen sementara, Barito Putera. Berbeda dengan PSM dan Persipura, Barito bisa menggunakan jasa pemainnya yang sempat dipanggil timnas U-19, Raffi Syarahil.

"Raffi bisa jadi opsi, tetapi, kita tidak akan memaksakan, apalagi Raffi bermain total juga di timnas (melawan PSS Sleman pekan lalu). Yang pasti, lihat di lapangan nanti," kata pelatih Barito Putera Jacksen Tiago.

Kondisi kurang menguntungkan menaungi PS Tira yang akan menjamu Barito. Saat ini, skuat PS Tira baru berpindah tangan dari pelatih lama Rudi Eka Pri- yambana ke asistennya Miftahudin Mukson. Pergantian dilakukan menyusul rentetan hasil minor yang diderita oleh pasukan the Aramy. Dari 11 pertandingan, Abduh Lestaluhu dan kawan-kawan hanya meraih 13 angka.

“Pada laga melawan Barito, kami punya target untuk menang. Kami yakin bisa meskipun kondisi tim sedang peralihan,” ujar Miftahudin. ■ ed: gilang akbar prambadi

 

 

menu
menu