Sumber berita: KONTAN, NO 3349 THN 12, RABU 6 JUNI 2018

Sumber foto: KONTAN, NO 3349 THN 12, RABU 6 JUNI 2018

Tampung UMKM untuk Gerakkan Ekonomi Rakyat

JAKARTA - Momentum Ramadan dimanfaatkan sejumlah kalangan untuk menggelar berbagai kegiatan produktif. Tidak hanya terkait ibadah ritual saja, tetapi juga ibadah sosial yang memberikan kemanfaatan ekonomi secara langsung kepada masyarakat.

Salah satunya bazar dan pasar murah yang digelar hasil kerja sama DPR dengan Persatuan Istri Anggota (PIA) DPR. Kegiatan pasar murah dan bazar tersebut digelar 4-6 Juni 2018 di Gedung Nusantara V. Dalam kegiatan tersebut dijual berbagai kebutuhan mulai sembilan barang pokok hingga produk UMKM seperti batik, pakaian kerja, aneka kue, kebutuhan alat rumah tangga.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena selain bisa memenuhi kebutuhan mereka yang b eraktivitas di lingkungan DPR, juga menampung produk UMKM,” ujar Ketua DPR Bam- bang Soesatyo (Bamsoet) saat membuka Pasar Murah dan Bazar diGedungNusantaraVDPR RI, Jakarta, Senin (4/6).

Dia mengatakan UMKM memiliki peran penting dalam menggerakkan roda ekonomi rakyat, meskipun selama ini masih dipandang sebelah mata. Menurutnya, saat terjadi krisis ekonomi pada 1998, sektor UMKM terbukti mampu bertahan dari terpaan badai krisis ekonomi. Demikian pula ketika terjadi fenomena perlambatan ekonomi pada 2015, UMKM tetap mampu bertahan dan menjalankan aktivitas ekonominya dengan baik.

“Kami mendorong agar

UMKM bangkit, maju, dan tumbuh dengan berbagai aktivitas seperti kegiatan adanya pasar murah dan bazar Ramadan,” katanya.

Politikus Golkar ini meyakinkan, DPR akan terus memberikan dukungan terhadap pengembangan UMKM, baik melalui penyediaan anggaran kredit usaha rakyat (KUR), bantuan danabergulir, maupun peningkatan akses pemasaran maupun dengan program-program pelatihan.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Ketua PIA DPR RI Lenny Bam- bang Soesatyo, Wakil Ketua PIA DPR RI Grace Fadli Zon, Ketua Panitia Pasar Murah dan Bazar Latifah Abdul Somad, dan Sekjen DPR RI Indra Iskandar.

  • mula akmal
menu
menu