Sumber berita: BOLA, SELASA 31 JULI 2018

Sumber foto: Daily Star

Tidak Ada Bek Baru

LIVERPOOL

Domagoj Vida boieh saja menunggu untuk direkrut Liverpool, namun Juergen Klopp sudah menyatakan ia tidak punya rencana untuk menambah pemain di sektor pertahanan. Klopp sudah yakin dengan Virgil van Dijk, Dejan Lovren, dan Ragnar Klavan.

DIAN SAVITRI

The Reds memiliki satu bek tengah lagi, Joel Matip. Akan tetapi, bek tengah termuda di antara empat bek tengah Liverpool itu mengalami cedera. Bek asal Kamerun itu mengalami cedera di pahanya dan bakal absen selama dua pekan.

Artinya, Matip kemungkinan besar tidak ikut serta dalam laga perdana Liverpool musim 2018/19. Bahkan. Matip sudah kembali lebih dulu dari pramusim, International Champions Cup, di Amerika Serikat.

Lovren tidak ikut serta pada ajang pramusim. Bek Kroasia itu baru akan kembali ke markas Liverpool enam hari sebelum laga pertama klub, pada 12 Agustus melawan West Ham. Lovren mendapat liburan ekstra, setelah Kroasia mencapai final Piala Dunia 2018.

Praktis, Klopp hanya punya Van Dijk dan Klavan yang siap sedia untuk musim baru. Kalau dirinci lagi, hanya Van Dijk yang benar- benar siap.

Musim ini, Klopp diprediksi akan menghadapi masalah dengan bagian bek tengah. Matip terlalu sering dilanda cedera. Penampilan Lovren dinilai tidak konsisten. Usia Klavan yang mulai menua, 32 tahun.

Vida. rekan setim Lovren di tim nasional Kroasia, sangat dihubungkan akan pindah ke Anfleld. Bahkan, timbul berita bahwa Liverpool sudah mengajukan harga 19,5 juta pound ke klub Vida, Besiktas.

Namun, menurut Liverpool Echo, pihak Liverpool terheran-heran dari mana munculnya spekulasi bahwa mereka akan merekrut bek berusia 29 tahun itu.

Empat pemain baru sudah tiba di Anfleld musim panas ini. Mereka adalah Naby Keita. Fabinho, Xherdan Shaqiri. dan Alisson Becker. Klopp sudah mengindikasikan bahwa proses transfer untuk musim panas ini sudah kelar. Meski demikian, para pemain yang tidak dibutuhkan masih boleh pergi.

“Pada akhirnya, sangat tidak masuk akal memiliki 35 pemain di skuat. Soalnya, akan masih muncul pemain muda. Mereka juga ingin tampil,” kata Klopp.

Jika perlu, Klopp bisa menambal jantung pertahanan dengan menggeser Joe Gomez yang punya posisi asli sebagal bek kanan. Gomez bermain apik ketika Liverpool mengalahkan Manchester United 4-1, 29 Juli lalu. Gomez masuk menggantikan Van Dijk sejak menit ke-65.

“Ketika melihat permainan Gomez sebagai bek tengah, dia memiliki berbagai kombinasi yang tidak akan ditemukan di bursa transfer , sejujurnya,' kata Klopp.

“Jadi, untuk saat ini, saya tidak membutuhkan bek baru.
Akan tetapi, transfer masih berjalan hingga 9 Agustus mendatang.
Banyak yang bisa teijadi. Ketika ditanya hari ini, saya jawab saya tidak butuh bek baru.

Namun, bisa saja itu berubah esok hari,” lanjut eks pelatih Borussia Dortmund itu.
Tentu saja, Gomez tidak serta merta dijadikan bek tengah. Pengalamannya di posisi itu belum banyak. Sepanjang kariernya, penampilan Gomez sebagai bek tengah hanya separuh dari total penampilannya sebagai bek kanan. •

 

menu
menu